Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)/Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) merupakan program/kompetensi keahlian yang membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dan kompeten dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran. Lulusan program/kompetensi keahlian ini memiliki kemampuan sebagai Junior Administrative Assistant (Sekretaris Junior), Office Aministrative Staff (Staf Adminstrasi Kantor), Admin Online, Digital Marketer, dan berwirausaha dalam bidang komputer perkantoran, penyedia jasa pemasaran/periklanan (digital marketing), dan event organizer.
Tujuan Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis :
- Membekali peserta didik agar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
- Membekali peserta didik agar dapat mengimplementasikan konsep wawasan tentang perkembangan teknologi yang menyangkut pada alat atau sistem dalam manajemen perkantoran.
- Membekali peserta didik agar memiliki jiwa Entreprener yang mandiri dan berkepribadian sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
- Membekali peserta didik agar memiliki kompetensi dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis sesuai dengan kebutuhan yang ada di industri.
- Membekali peserta didik menjadi tenaga Administrasi Perkantoran, baik dalam kantor pemerintahan maupun dunia usaha.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak